Memetri Pangeran Diponegoro

(14/05/2023) Pangeran Diponegoro merupakan salah satu tokoh pahlawan penting bagi Negara Indonesia terutama Yogyakarta. Salah satunya di wilayah Kelurahan Tegalrejo dimana terdapat Monumen Pangeran Diponegoro.

Untuk mengenang jasa Pangeran Diponegoro, Warga Kampung Tegalrejo beserta tokoh masyarakat menggelar kegiatan Memetri Pangeran Diponegoro.
Memetri sendiri adalah tradisi masyarakat Jawa sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas kemurahan-Nya sekaligus doa keselamatan untuk leluhur dan anak keturunan yang masih hidup.

Kegiatan ini dilangsungkan di Halaman Parkir Monumen Diponegoro dengan menampilkan roleplay Pangeran Diponegoro dengan kuda, dan pawai dari masing-masing RW. Memetri Pangeran Diponegoro dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Tegalrejo, Lurah dan perangkat, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Dengan adanya kegiatan Memetri Pangereran Diponegoro diharapkan warga masyarakat dapat terus mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan melestarikan budaya tradisional yang dewasa ini sudah mulai terlupakan.